Rabu, 12 September 2018

3 Bagian Penting Rumah yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

3 Bagian Penting Rumah yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan


Memasuki bulan-bulan yang memiliki musim basah, kini keadaan cuaca kerap tidak menentu. Pada pagi hingga siang hari biasanya cuaca cerah mendominasi, namun sore hingga malam hari, hujan turun dengan derasnya.
Bagian Penting Rumah Minimalis
Kesehatan, menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Agar tidak mudah sakit. Namun, di tengah cuaca yang tidak menentu, bukan kesehatan rumah saja yang kerap harus diperhatikan. Kesehatan rumah juga perlu untuk diperhatikan.
Hal ini karena, dengan masuknya ke musim hujan, maka risiko rumah kebocoran menjadi lebih sering terjadi. Bahkan bukan hanya kebocoran, terkadang ada bagian rumah yang juga rusak karena angin kencang yang kerap berhembus di bulan-bulan ini. Mulai dari rumah minimalis hingga rumah mewah, semuanya perlu dipastikan kondisinya.
Maka dari itu, agar anda tidak kerepotan ketika musim hujan, maka sebaiknya, periksalah beberapa bagian rumah Anda. Pastikan bahwa kondisinya dalam keadaan baik sehingga rumah terhindar dari kebocoran. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan di rumah saat musim hujan.
Atap dan Plafon
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah atap rumah Anda. Pastikan tidak ada genteng yang rusak dan juga kualitasnya menurun. Jika ada, maka segera ganti genteng tersebut agar tidak terjadi kebocoran ketika hujan datang. Biasanya material genteng merah mudah pecah dan berlubang. Bukan hanya kebocoran, hal ini juga bisa menjadi jalan masuk tikus ke dalam rumah.
Talang Air
Talang air juga bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran jika tidak diperhatikan. Pastikan talang air tidak kotor dan memiliki hambatan. Karena, jika talang air kotor, maka nantinya kotoran tersebut akan menjadi penghambat aliran air. Ketika talang air terhambat, maka air akan sulit untuk masuk ke dalam pipa air.
Pipa
Pipa air adalah bagian lain yang kerap terlewat untuk dipastikan keadaannya ketika musim hujan datang. Hal ini karena pipa air sendiri kadang terletak di dalam dinding dan tertutup sehingga sulit untuk di pastikan kondisinya.
Pastikan permukaan pipa tidak mengalami kebocoran. Jika ada keretakan, maka perbaiki keretakan tersebut dengan menambal pipa. Pastikan juga bahwa seluruh sambungan pipa terpasang dengan baik sehingga tidak akan mengalami kebocoran.
Load disqus comments

0 komentar