Jumat, 08 Juni 2018

Cara menata rumah mungil agar nyaman

Cara menata rumah mungil agar nyaman

Kenyamanan sebuah rumah tidak selalu berhubungan dengan ukurannya, rumah mungil pun bisa terasa nyaman asal ditata sedemikian rupa dan terjaga kebersihannya. Dengan kata lain, cara menata rumah berperan sangat besar dalam menciptakan kenyamanan di rumah. Dalam menata rumah kecil, Anda tentu masih memiliki kebebasan berkreasi dan memasukkan unsur pribadi ke dalam interior asal semuanya diatur agar terlihat harmonis. Selain itu, kunci kenyamanan juga terletak pada kebersihan rumah, biasakan merapikan ruangan setiap hari dan mengelap permukaan meja dan perabot lain dengan cairan pembersih, seperti Cif, untuk menghindari tumpukan debu dan minyak.

Tips menata rumah minimalis

Minimalis di sini berarti minim dalam ukuran rumah. Rumah atau apartemen mungil semakin umum dijumpai apalagi jika Anda tinggal di kota besar. Berikut ini beberapa tips penataan rumah minimalis yang patut Anda coba:
  • Alihkan perhatian dari ukuran ruang. Tips menata rumah mungil yang pertama adalah mengalihkan fokus dari ukuran rumah yang kecil dengan menempatkan berbagai objek menarik di ruangan tersebut. Anda bisa menempatkan hiasan dinding, mengecat satu dinding dengan warna terang atau melapisinya dengan wallpaper menarik, memenuhi satu dinding dengan koleksi foto, atau pilih satu sofa dengan motif menarik. Tidak ada batas dalam berkreasi, inilah saatnya memasukkan unsur selera pribadi di rumah.
  • Cahaya alami. Pencahayaan selalu menjadi unsur utama dalam penataan rumah kecil. Memaksimalkan pasokan cahaya alami dari luar selalu membuat ruangan terasa segar dan menyenangkan. Jika hanya ada satu jendela, tambahkan sebuah cermin besar di salah satu dinding untuk memantulkan cahaya ke seluruh ruangan.
  • Biarkan terbuka. Banyak rumah mungil menerapkan tata ruang terbuka alias tanpa sekat antara ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Konsep ruang terbuka sangat sesuai untuk rumah kecil karena sangat membantu meneruskan cahaya dari luar dan membuat rumah terasa lebih lega tanpa batasan dinding. Jika ingin membagi ruangan, berpikirlah kreatif untuk memilih partisi yang terkesan ringan dan tidak memakan tempat. Misalnya Anda bisa menggunakan karpet sebagai penanda ruang keluarga, tanaman atau furnitur untuk membatasi ruang keluarga dan dapur, dan sebagainya.
  • Penataan rumah kecil belum lengkap tanpa kehadiran tanaman di dalam rumah. Pilih satu tanaman besar dalam pot untuk diletakkan di sudut ruangan. Bermainlah dengan skala ukuran, kontraskan ruang kecil dengan tanaman berdaun lebar yang justru membuat ruangan terkesan lega. Cukup satu saja sebagai fokus perhatian dan pilih tanaman yang mudah hidup di dalam ruangan seperti palem atau kuping gajah.
  • Rapikan dan bersihkan. Jika cara menata rumah sederhana yang baik sudah Anda terapkan, hal yang sama pentingnya adalah menjaga rumah rapi dan bersih setiap hari. Masukkan barang-barang kecil ke wadah tertutup agar terlihat rapi, tata bantal sofa tiap pagi, tumpuk rapi majalah atau koran di meja keluarga, pel lantai, dan lap permukaan perabotan agar terbebas dari debu.
Penataan, kerapian, dan kebersihan rumah memainkan peran penting dalam mewujudkan rumah yang nyaman bagi penghuninya.

sumber: cleanipedia.com
Load disqus comments

0 komentar