Rabu, 12 September 2018

3 Tips Agar Tidak Miskin Setelah Beli Rumah

3 Tips Agar Tidak Miskin Setelah Beli Rumah


Rumah merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Apalagi kini harga sewa apartemenatau rumah kontrakan sudah semakin tinggi. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha sebisa mungkin untuk dapat membeli rumah. entah untuk alasan investasi ataupun tempat tinggal.
Namun, ada banyak masyarakat yang mengaku malah kehabisan uang setelah membeli rumah. Tabunga mereka habis, dan uang bulanan tersandera cicilan KPR. Alhasil, mereka seakan “jatuh miskin” karena membeli rumah.
Memang, membeli rumah adalah hal yang tidak mudah. Diperlukan komitmen yang kuat dan keputusan yang baik sebelum membeli rumah. Apakah itu baik itu komitmen dan keputusan finansial, maupun mental. Karena membeli rumah adalah hal yang tidak mudah. Karenanya, perhatikanlah tiga hal berikut sebelum membeli rumah.
DP Besar, Cicilan Ringan
Dengan membayar uang muka atau Down Payment (DP) yang besar, maka cicilan Anda juga tidak akan terlalu besar. Manfaatkanlah kenyataan ini sehingga Anda tidak kesulitan selama mengangsur rumah yang anda beli.
Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar DP besar, mintalah pinjaman kepada rekan atau kerabat dan famili untuk membayar DP. Anda dapat membayarnya ke kerabat bersangkutan dengan metode angsuran bertahap, sehingga tidak memberatkan.
Atau, anda juga Ida memanfaatkan promosi yang ditawarkan developer. Beberapa developer biasanya menawarkan fitur DP yang bisa dicicil hingga beberapa kali sehingga tidak terlalu memberatkan konsumen.
Tenor Panjang
Jika Anda tidak memiliki DP yang cukup, Anda dapat mengambil masa tenor yang panjang, maka Anda akan mendapatkan cicilan yang lebih ringan. Pilihlah masa tenor selama 20, 25 atau 30 tahun jika ada. Jangan lupa perhatikan bunga KPR yang Anda pilih, sesuaikan dengan kemampuan ekonomi Anda.
Jika Anda masih harus mengangsur DP yang Anda bayarkan, perhitungkan jumlahnya dengan biaya angsuran KPR. Pastikan jumlahnya tidak melebihi 50 persen dari total pemasukan Anda setiap bulannya.
Tidak Terburu-buru Beli Furnitur
Mengisi rumah yang baru dengan barang-barang yang dibutuhkan memang sangat menyenangkan. Namun, Anda harus menahan diri untuk mengisinya dengan furnitur rumah yang baru. Jika tidak diperhitungkan, Anda bisa kesulitan sendiri.
Belilah barang yang paling dibutuhkan. Biasanya mulailah dengan barang yang penting seperti peralatan tidur kasur, lemari, peralatan dapur kemudian sofa dan lainnya.
Load disqus comments

0 komentar